Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas

JUDUL
Penggunaan Metode Pembelajaran dengan Gambar Program AutoCAD
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Statis Siswa

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Dalam kegiatan belajar mengajar siswa diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Salah satunya adalah mata diklat mekanika statis dalam sekolah kejuruan. Siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep, pengaplikasian, serta kegunaan mekanika statis di lapangan dengan benar.
Namun pada umumnya prestasi belajar siswa dalam mata diklat mekanika statis rendah. Penurunan prestasi ini dipicu dari ketidakpahaman siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Dengan kata lain metode pembelajaran yang disampaikan kurang menarik minat belajar siswa. Sehingga minat belajar siswa menjadi menurun dan siswa cenderung tidak termotivasi untuk belajar serta menganggap bahwa mata diklat mekanika statis adalah momok dari sekolah kejuruan di bidang keahlian teknik sipil.
Dengan demikian metode pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan hal penting untuk mengetahui prestasi siswa dalam mata diklat mekanika statis. Mengingat pentingnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, berarti penggunaan metode pembelajaran harus diperhatikan dengan benar. Salah satu cara adalah menerapkan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD. Sehingga siswa termotivasi untuk belajar, memperkaya pengetahuannya dan tidak menjadikan mata diklat mekanika statis sebagai momok di bidang keahlian teknik sipil.
Penggunaan program autoCAD sebagai metode pembelajaran merupakan salah satu cara kreatif dalam penyampaian gambar-gambar mata diklat mekanika statis sehingga mempermudah pemahaman siswa dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar.
Sesuai penelitian yang sudah ada belajar  merupakan suatu perubahan perilaku, akibat interaksi dengan lingkungannya. Sedang hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kamampuan siswa dan kualitas pengajaran yang diberikan guru. Artinya kemampuan dasar guru baik di bidang kognitif (intelektual), bidang sikap (afektif) dan bidang perilaku (psikomotorik) sangat berpengaruh. Sehingga guru dituntut untuk berinovatif dalam memberikan metode pembelajaran kepada siswa.
Hingga saat ini banyak ditemukan hasil belajar dalam mata diklat mekanika statis rendah. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti berkeinginan untuk  memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa pada mata diklat mekanika statis. Berdasarkan uraian diatas, maka dilakukan penelitian dengan judul  ”Penggunaan Metode Pembelajaran dengan Gambar Program AutoCAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Statis Siswa Kelas XII A pada SMK”.
B.       Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.        Mengetahui prestasi siswa kelas XII A SMK  tentang mata diklat mekanika statis apabila menggunakan metode caramah.
2.        Mengetahui prestasi siswa kelas XII A SMK  tentang mata diklat mekanika statis apabila menggunakan metode gambar program AutoCAD.
3.        Mengetahui apakah metode gambar program AutoCAD dapat meningkatkan prestasi siswa kelas XII A SMK.
C.      Hipotesis Penelitian
Dalam penelitian ini dapat ditarik hipotesis bahwa pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD terhadap hasil belajar siswa dalam mata diklat mekanika statis.
D.      Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu:
1.        Bagi guru mekanika statis, sebagai informasi bahwa metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD ini dapat dipertimbangkan sebagai salah satu cara penyampaian yang tepat untuk  digunakan.
2.        Bagi sekolah, hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam proses penyampaian materi pelajaran kepada siswa.
3.        Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait, dapat digunakan sebagai pengetahuan dalam penelitian lain yang berhubungan.

KAJIAN PUSTAKA
A.      Hasil Belajar Mekanika Statis
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2009:3-4) hasil belajar merupakan puncak proses belajar. Hasil belajar tersebut dijadikan guru sebagai ukuran atau kriteria dalam mencapai tujuan dari kegiatan pembelajaran.
Hasil belajar siswa sangat tergantung dari bagaimana cara guru dalam memberikan materi. Sehingga guru diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola kelas. Menurut Hasibuan dan Moedjiono (1992:83) terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan komponen keterampilan mengelola kelas, yaitu (1) kehangatan dan keantusiasan, (2) penggunaan bahan-bahan yang menantang akan meningkatkan gairah belajar siswa, (3) perlu dipertimbangkan penggunaan variasi media, gaya mengajar, dan pola interaksi, (4) diperlukan keluwesan tingkah laku guru dalam mengubah strategi mengajarnya untuk mencegah gangguan-gangguan yang timbul, (5) penekanan hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian siswa pada hal-hal yang negatif, (6) mendorong siswa untuk mengembangkan disiplin diri sendiri dengan cara memberi contoh dalam perbuatan guru sehari-hari.
Menurut Triwulan (2005:1) mata diklat mekanika statis adalah suatu ilmu dasar keahlian yang harus dipahami dan bisa diterapkan oleh siswa sehingga bisa mengikuti dan menerapkan pada ilmu keahlian berikutnya yang di dalamnya mencakup tentang pengertian gaya, keseimbangan serta pemahaman konstruksi, garis pengaruh, pelengkung dan portal tiga sendi, serta konstruksi rangka batang.
Dari penjelasan tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar mekanika statis merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar mekanika statis sehingga tercapai tujuan yang telah direncanakan. Sehingga ada pengaruh antara hasil belajar dengan metode pembelajaran yang digunakan.
B.       Metode Pembelajaran dengan Program AutoCAD
Metode pembelajaran adalah cara mempermudah peserta didik mencapai kompetensi tertentu. Hal ini berlaku baik bagi guru (dalam pemilihan metode mengajar) maupun bagi siswa (dalam memilih strategi belajar). Dengan demikian makin baik metode, akan makin efektif pula pencapaian tujuan belajar.
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai Computer-Aided Drafting And Design Program (CAD). Selain itu hasil gambar dari AutoCAD juga bisa digunakan sebagai metode pembelajaran dalam mata diklat mekanika statis.
Penggunaan program autoCAD sebagai metode pembelajaran merupakan salah satu cara kreatif dalam penyampaian gambar-gambar mata diklat mekanika statis sehingga mempermudah pemahaman siswa dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar. Menurut Derek Rowentere (2005:23) hakikat metode pembelajaran berbasis computer berfungsi sebagai (1) membangkitkan motivasi belajar (2) mengulang apa yang telah dipelajari, (3) menyediakan stimulus belajar, (4) mengaktifkan respon peserta didik, (5)memberikan timbal balik dengan segera, (6) menggalakan latihan yang serasi.
Dari penjelasan tersebut disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan gambar dari program AutoCAD merupakan salah satu cara kreatif dalam penyampaian gambar-gambar mata diklat mekanika statis sehingga mempermudah pemahaman siswa dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar. Sehingga ada pengaruh antara metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD dan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata diklat mekanika statis.
C.      Metode Pembelajaran dengan Gambar Program AutoCAD dan Hasil Belajar Mekanika Statis
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai Computer-Aided Drafting And Design Program (CAD). Menurut Suliyanto (2010:196) AutoCAD merupakan Interactive Learning yang dapat digunakan sebagai penyampaian isi materi dan interaksi dalam pembelajaran.
Kelebihan program AutoCAD dalam pembelajaran yaitu, (1) dapat menghasilkan gambar yang memerlukan keterampilan khusus, seperti pada bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD; (2) sistem program gambar AutoCAD dapat membantu memberikan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan khusus seperti dalam penggambaran struktur bagunan; (3) dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu gambar kerja dengan ketepatan gamabar, menghemat waktu, serta cara penyampaian yang mudah dalam proses pembelajaran; (4) gambar yang dibentuk melalui program AutoCAD dapat diubah bentuknya untuk keperluan grafik yang lain.
Pengaruh positif dalam penggunaan AutoCAD dalam pembelajaran dapat menarik motivasi belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD terhadap hasil belajar siswa dalam mata diklat mekanika statis.

METODE PENELITIAN
A.      Pendekatan Penelitian
Menurut Arikunto (2006:91) penelitian merupakan suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat.
Penelitian tindakan kelas ini menjelaskan suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi dari suatu metode pembelajaran yang telah dilakukan oleh peneliti.
Pendekatan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Kuantitatif berarti hasil observasi/pengamatan atas sesuatu hal yang dapat dinyatakan dalam angka (Singgih,2006). Sedangkan deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti manusia, obyek, kondisi, sistem pemikiran (Nazir,1988).
B.       Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
Dalam penelitian ini, peneliti berkeinginan untuk  memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa pada mata diklat mekanika statis. Peneliti bertindak sebagai peneliti, perencana tindakan, pelaksana tindakan dan pengevaluasi hasil dari penelitian yang dilakukan.
C.      Kancah Penelitian
Penelitian ini dilakukan di XII A SMK Negeri 6 Malang semester ganjil tahun ajaran 2010/2011.
D.      Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII A yang berjumlah 33 siswa. Dengan rincian 21 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus – Januari di SMK Negeri 6 Malang.
E.       Data dan Sumber Data
Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Tugas merupakan salah satu cara untuk memperoleh data hasil belajar siswa terkait materi pelajaran yang dipelajari. Pemberian tugas juga dapat digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa di luar proses pembelajaran dalam kelas.
2.    Kuis merupakan alat ukur untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa menyerap materi saat guru menjelaskan menggunakan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD.
3.    Ujian tulis adalah cara untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD. Indikator keberhasilan belajar siswa diukur dengan Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu ≥75, jika ada siswa mendapat nilai <75 berarti belum dikatakan tuntas.
F.       Pengumpulan Data
Pada penelitian ini data diperoleh melalui beberapa cara, yaitu : tugas, kuis, ujian tulis.
1.    Tugas, digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa yang dilakukan setelah digunakan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD. Teknik pengumpulan data ini dengan cara memberikan tugas di akhir pembelajaran sesuai materi yang telah diberikan guru.
2.    Kuis, digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa, dilakukan saat pembelajaraan berlangsung dengan memberikan soal untuk dijawab dengan cepat dan tepat.
3.    Ujian tulis, dilakukan agar memperoleh hasil belajar siswa setelah digunakan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD, yang terdiri dari soal dan panduan penyekoran.
G.      Analisis Data
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif karena analisis ini bertalian dengan uraian deskriptif tentang proses pembelajaran. Teknik tersebut mencakup kelebihan dan kelemahan kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran mekanika statis apabila menggunakan metode pembelajaran dengan gambar program AutoCAD. Hasil analisis tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun perencanaan selanjutnya.
H.      Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas, yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran serta mengatasi berbagai permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Secara garis besar alur penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :


Tugas




Kuis




Ujian Tulis




Hasil



 


Meningkat
Tidak




Selesai
Pengamatan ulang








                    Gambar 1. Siklus Metode Pembelajaran dengan Gambar Program AutoCAD

DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, S. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R. W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Wie Yap, Ir. 1993. Pengantar Praktis Penggunaan AutoCAD. Yogyakarta: Andi Offset.

Wie Yap, Ir. 1994. Memahami AutoCAD. Yogyakarta: Andi Offset.